Jarang Di Ketahui. Amalan Tidur Penghapus Dosa Sesuai Sunnah

Macam-macam tidur- tidur merupakan salah satu karunia Tuhan Yang Maha Esa untuk mengistirahatkan para hambanya.

Tidur sendiri banyak manfaatnya, di samping menginstirahatkan tubuh juga untuk memulihkan stamina yang terkuras.

Tidur dalam islam ada banyak macamnya seperti, Tidur Qoilulah, Tidur Hailula dan Tidur ‘Ailulah, berikut ini pengertian tidur di atas:

Tidur Hailula:
Tidur yang bisa menghalangi datangnya rizki
Tidur Qoilulah: Tidur yang di sunnahkan oleh nabi Muhammad Saw
Tidur ‘Ailulah: Tidur yang bisa menyebabkan datangnya penyakit

Kita semua pasti menginginkan tidur yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad Saw, tetapi kita juga harus mengetahui terlebih dahulu, tidur yang bisa menyebabkan penyakit dan manghalang rizk, agar kita tahu bentuk dan waktu yang tergolong tidur Hailulah dan ‘Ailulah.

Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Tidur Hailulah tidur setelah shalat subuh, kenapa tidur ini bisa menghalangi datangnya rejeki, karena Allah Swt melimpahkan rejekinya di pagi hari, oleh karena itu bagi kita tidak di anjurkan tidur setelah sholat subuh, yang tidur tersebut menjadi kebiasaan, kecuali sangat payah ketika tidak tidur, dalam artian malamnya dibuat melakukan ibadah.

Tdur Qoilulah tidur sejenak sebelum matahari tergelincir kira-kita pukul 11:30 sampai12:00. Ini di namakan tidur qoilulah, tidur seperti ini sangatlah di anjurkan oleh Nabi Muahmmad Saw. Kenapa tidur  qoilulah di anjurkan, karena tidur seperti ini bisa di permudah bangun malam.


Rasulullah Saw juga pernah melakukan sholat qouilulah,beliau tidur sebelum tergelincirnya matahari di musim panas, dan beliau tidur setelah tergelincirnya matahari ketika musim dingin.

Tidur ‘Ailulah tidur jenis ini bisa mandatangkan berbagai macam penyakit, kapan tidur ini di namakn tidur ‘Ailulah. Yakni tidur setelah sholat ashar, kecuali sangat payah ketika tidak tidur, dalam artian siangnya dibuat melakukan kebaikan serta tidak di buat sebagai kebiasaan.

Cara Tidur Agar Selalu Mendapatkan Pahala

Tidur merupakan salah satu jalan alternative dari seorang hamba untuk mengistirahatkan tubuh, fikiran dan menghilangkan beban hidup.

Tidur sudah lumrah di lakukan oleh makhluk ciptaan sang penguasa, oleh karena itu kita harus bersukur.

Tidur yang dapat mandatangkan  pahala adalah dambaan setiap insan yang berakal, hanya bermodalkan tidur bisa dapat pahala yang besar. Nah, bagaimana caranya agar tidur bisa mendatangkan pahala. Berikut ulasannya:

Baca Juga:
Niat, betul dengan niat tidur kita bisa berpahala, lalu seperti apa niat yang bisa mendatangkan pahala,  contoh mudahnya niat tidur bisa mendatangkan pahala melimpah, “ Saya niat tidur untuk mengistirahatkan tubuh, agar nanti ketika bangun bisa segar kembali untuk melakukan ibadah seperti shalat tahajjud, hafalan atau amal kebaikan yang lain

Tuntunan Tidur Yang Benar Dalam Islam Ala Rasulullah Saw

Berdo’a sebelum dan sesudah tidur

Memiringkan badan kearah kanan seperti tidurnya mayit di dalam kubur, lebih utama menghadap kiblat

Tangan kanan di gunakan sebagai alas (bantal) kepala, sedangkan tangan kiri di letakkan di atas pinggang.

Tidur Agar Mimpi Selalu Benar Kitab Kifayatul Atsqiya’

Ulama terdahulu selalu melakukan amalan ini sebelum tidur, oleh karena itu setiap apa yang dimimpikan oleh beliau selalu benar adanya, Bagaimana tidur agar mimpi bisa benar adanya, berikut ulasanya:

Sebelum tidur di anjurkan untuk berwudlu, Lalu apakah batal wudlu’ ketika tidur, secara dlohir batal, namun, secara hakikat tidak batal  dan hikmah wudlu sebelum tidur masih di peroleh.

Hadits Tentang Amalan Sebelum Tidur, Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya yang hendak melakukan istirahat (tidur) untuk melakukan wudlu terlebih dahulu, setelah melakukan wudlu ada kesunnahan yang perlu di lakukan yakni membaca ayat Kursyi, Surat Al-Ikhlas, Surat al-Falk, surat An-nas dan membaca ayat terahir dalam surat Al-Baqoroh.

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Rasulullah Saw Bersabda yang di tulis di dalam kitab Kifayatul Atkiya' "Ketika seorang hamba tidur dalam keadaan memiliki wudlu dan sebelum tidur ia berdzikir, maka Allah Swt mencatat hamba tersebut mendapatkan pahala seperti orang sholat sampai ia terbangun.

MULTAQO.COM- Web Informasi Islami Teraktual

Demikianlah tuntunan tidur yang benar dalam islam, semoga artikel tentang Amalan Tidur Penghapus Dosa Sesuai Sunnah bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel