Monday, 23 September 2019

Terlihat Sepele, Inilah Penyebab Kesemutan Pada Tangan

Terlihat Sepele, Inilah Penyebab Kesemutan Pada Tangan- Kesemutan merupakan suatu gejala umum yang sering dirasakan oleh semua orang. Pada umumnya, kesemutan yang bersifat sementara terjadi akibat adanya tekanan pada tangan, yang kemudian akan hilang secara berangsur seiring dengan hilangnya tekanan tersebut. Lain hal nya apabila kesemutan terjadi pada tangan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penyebab Kesemutan Pada Tangan


Untuk mengatasi hal buruk datang, perlu Anda kenali akar dari terjadinya kesemutan. Berikut adalah beberapa penyebab kesemutan pada tangan.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)


Sindrom terowongan karpal merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh tekanan yang berulang dan juga iritasi saraf medianya pada tangan. 

Salah satu ciri dari sindrom ini adalah tangan yang kesemutan utamanya pada malam hari, pergelangan tangan sakit, atau lemah atau tidak ada kekuatan saat menggenggam barang atau gangguan koordinasi tangan. 

Baca Juga: Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil


Sindrim ini dapat terjadi akibat trauma dari pekerjaan yang biasanya dilakukan secara terus menerus. Dan biasanya orang yang beresiko untuk mengalami sindrom ini adalah orang-orang yang sering bekerja menggunakan tangan seperti mengetik, menulis atau mengepak barang.

Rheumatoid Arthritis


Penyakit yang satu ini dapat menimbulkan gejala-gejala dari CTS, termasuk salah satunya kesemutan pada tangan dan juga pergelangan tangan. 

Bila malam tiba, biasanya kesemutan akan semakin mengganggu. Selain itu, biasanya  penyakit ini suka disertai dengan gejala lain seperti bentuk sandi tampak cacat, sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, dan nyeri atau kekakuan saat bangun tidur yang berlangsung hingga lebih dari satu jam.

Kerusakan Saraf


Selanjutnya tentunya kerusakan saraf yang biasanya menjadi penyebab utama dari kesemutan di tangan. 

Adapun penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa disebabkan karena infeksi, cedera, ataupun penggunaan tangan secara berlebihan. Selain itu beberapa jenis penyakit pun dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf yang kemudian memicu kesemutan jangka panjang. 

Baca Juga: Kesemutan Pada Kaki? Ini Dia Obat Alaminya


Selain beberapa penyakit di atas, beberapa penyakit seperti diabetes, stroke dan beberapa penyakit yang lainnya pun menjadi pemicu kesemutan pada tangan yang terjadi dalam jangka panjang. Alangkah lebih baik untuk tidak menyepelekan gejala kesemutan meskipun nampaknya tidak serius.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon