Saturday, 21 September 2019

Inilah Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil- Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasa terjadi dalam masa kehamilan. 

Inilah Bahaya Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil


Namun hal ini rupannya harus menjadi perhatian karena dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan Ibu hamil dan calon bayi berikut terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mengenai tekanan darah tinggi pada masa kehamilan:

Jenis Tekanan Darah TInggi yang Dapat Dialami Ibu Hamil


Terdapat beberapa jenis tekanan darah tinggi yang dapat dialami ibu hamil yaitu hipertensi gestasional yang umumnya terjadi pada usia kehamilan 20 minggu.

Hipertensi kronik yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu, hipertensi kronis dengan superimposed preeklampsia yang terjadi pada wanita yang sebelum kehamilan memang memiliki tekanan darah yang tinggi.

Preeklampsia yaitu tekanan darah tinggi yang disertai kerusakan organ lain, serta eklampsia yaitu masalah tekanan darah yang ditandai dengan kejang pada saat hamil atau setelah melahirkan.

Bahaya Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan


Tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat meningkatkan berbagai risiko bagi calon bayi seperti kurangnya aliran darah ke plasenta yang berakibat pada pertumbuhan yang lambat dan kelahiran prematur, absurpsi plasental yang dapat menyebabkan pendarahan berat serta kerusakan plasenta, serta risiko terserang penyakit jantung pasca melahirkan.

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil


Karena risiko tekanan darah tinggi saat hamil dapat membahayakan Ibu dan calon bayi, maka mengontrol tekanan darah perlu untuk dilakukan selama masa kehamilan. 

Ibu hamil dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, dengan catatan harus berdasarkan resep dan anjuran yang diberikan dokter kandungan. 

Hal ini karena efek samping dari obat darah tinggi yang kurang tepat akan mempengaruhi perkembagan bayi dalam kandungan. 

Baca Juga:



Selain itu, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi pada ibu hamil selain mengkonsumsi obat adalah dengan menjalani gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat, rutin berolahraga, dan menghindari rokok serta alkohol.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui mengenai bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon