Thursday, 12 September 2019

3 Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah Tinggi Pada Lansia

3 Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah TInggi Pada Lansia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu masalah yang sangat umum terjadi pada lansia. 

Tekanan darah tinggi ini muncel sebagai ciri penurunan fungsi fisik lansia seiring dengan penuaan usia. Meskipun hipertensi terdengar sebagai sesuatu yang alami terjadi pada lansia, namun hal ini perlu menjadi perhatian karena bisa menimbulkan komplikasi seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, mengontrol tekanan darah pada lansia sangat penting dilakukan agar risiko komplikasi penyakit dapat dihindari. 


Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah Tinggi


Adapun cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengontrol tekanan darah pada lansia adalah sebagai berkut:

Atur Pola Makan Sehat


Makanan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah, sehingga asupan makanan perlu diperhatikan untuk mengontrol tekanan darah. 

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa konsumsi garam harus dikurangi ketika mengidap hipertensi, dan hal tersebut benar adanya. Garam secara tidak langsung dapat meningkatkan volume darah dalam tubuh yang kemudian dapat meningkatkan tekanan darah. 


Baca Juga:


MENGENAL TEKNIK AKUPUNTUR UNTUK KESEHATAN

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult, Ini Jawabannya


Oleh karena itu, untuk mengontrol tekanan darah tinggi pada lansia disarankan untuk mengikuti diet garam. Cobalah untuk mengurangi penggunaan garam yang terkandung dalam makanan kemasan, makanan ringan tinggi garam, dan makanan cepat saji.

Selain itu, kurangi juga konsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging merah, pilihlah makanan dengan lemak sehat seperti alpukat, ikan, minyak zaitun serta kacang-kacangan. Kemudian, perbanyak pula konsumsi sayur dan buah setidaknya lima porsi per hari untuk mendapatkan serat dan nutrisi yang cukup yang dapat membantu menurunkan tekanan darah

Rutin Berolahraga


Olahraga merupakan aktivitas yang penting untuk dilakukan agar kebugaran tubuh terjaga. Tidak hanya untuk Anda yang masih berusia muda, olahraga pun masih Anda perlukan hingga masa lansia. 

bagi lansia, olahraga dapat dilakukan sembari mengerjakan aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan rumah tangga atau berjalan-jalan. Olahraga seperti senam jantung sehat pun dapat diikuti untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi pada lansia serta meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Konsumsi Obat Sesuai Resep Dokter


Mengontrol pola makan dan olahraga dalam gaya hidup sehat memang tidak mudah dilakukan, sehingga konsumsi obat penurun tekanan darah mungkin masih diperlukan lansia. 

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai obat hipertensi serta dosis yang sesuai dan aman. Perlu diingat bahwa konsumsi obat hipertensi ini tidak akan memberikan hasil optimal jika tidak dibarengi pola hidup sehat. 


Baca Juga:


Jadi, sebaiknya jangan Anda abaikan pola makan serta aktivitas olahraga bagi kesehatan lansia.

Itulah tiga cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi pada lansia. Selamat mencoba!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon