Monday, 16 September 2019

Cara Mudah Cek KTP via Online Tahun Ini

Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa kita sebut dengan KTP adalah salah satu identitas resmi yang wajib dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat memiliki KTP. Di Negara Indonesia, KTP ini sangat wajib di miliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan juga Warga Negara Asing (WNA) yang sudah memiliki izin untuk tinggal tetap di Indonesia.

Cara Mudah Cek KTP via Online Tahun Ini


KTP ini sangat wajib untuk yang sudah memiliki umur 17 Tahun atau yang sudah pernah menikah atau yang telah menikah. Di tahun 2009 lalu, pemerintah sudah mulai untuk menetapkan KTP Elektronik. KTP Elektronik ini merupakan dokumen kependudukan yang memuat system keamanan atay pengendalian baik dari sisi administrasi maupun teknologi.




Nah, dengan adanya KTP Elektronik atau biasa kita sebut dengan E KTP ini, potensi seseorang memiliki lebih dari 1 KTP akan terminimalisir. Di dalam E KTP tersebut sudah ada Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Siapa yang tidak tau NIK ? NIK adalah nomor identitas penduduk yang memiliki angka yang khas dan tidak akan ada duplikat nya.

Untuk lebih jelasnya kita cari tahu yuk arti dari NIK yang ada di KTP.


Arti NIK Pada E KTP


NIK yang di cantumkan di setiap dokumen kependudukan ini dijadikan dasar penerbitan KTP, Paspor, SIM, Nomor Wajib Pajak, dan masih banyak yang lainnya. NIK ini terdiri dari kombinasi angka yang berbeda untuk setiap pemiliknya. Kombinasi angka yang di berikan ini bukanlah secara acak, melainkan memiliki arti tertentu pada E KTP tersebut.

Berikut arti angka NIK yang perlu kalian semua tahu :

2 Digit di awal nomor NIK merupakan kode provinsi dimana kalian tinggal
2 Digit setelahnya merupakan kode kota atau kabupaten
2 Digit sesudahnya merupakan kode kecamatan
6 Digit selanjutnya adalah tanggal lahir dalam format Hari Bulan tahun
4 Digit terakhir merupakan nomor urut yang mana mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan. Nomor ini dimulai dari 0001

Lalu, bagaimana cek NIK KTP secara Online ?


Cara Cek KTP Secara Online


Kementrian dalam negeri sempat membuka layanan untuk mengecek NIK KTP secara Online melalui link dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik . Namun layanan ini sudah mulai ditutup, karena untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan identitas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tapi tenang saja, walau melalui situs tersebut sudah di tutup, kalian bisa cek menggunakan aplikasi yang bisa kalian download secara gratis di PlayStore. Namun, saya sarankan untuk tidak digunakan untuk hal hal negative ya!

Baca Juga:




Aplikasi yang digunakan untuk mengecek KTP adalah menggunakan aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online. Kalian bisa menemukan aplikasi ini di PlayStore, dan jika kalian ingin mengecek KTP tentunya kalian harus mendownload aplikasi tersebut dan masukan NIK pada aplikasi itu, lalu kamu bisa klik Cek atau Cari.

Kalian bisa tunggu beberapa saat maka akan muncul identitas lengkapmu. 

Bagaimana ? Sangat mudahkan untuk mengecek KTP via Online, dengan ini kalian sudah tidak perlu lagi takut apakah NIK yang kamu gunakan itu palsu atau bukan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon