Tuesday, 20 August 2019

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa Dan Cara Mengatasinya

Bau Mulut Saat Puasa Dalam Islam. Mulut termasuk salah satu anggota tubuh yang terbuka dan salah satu tempat untuk memasuknya makanan atau air pada manusia atau hewan. 

Mulut merupakan salah satu ronggo tubuh yang menjadi sumber masuknya makanan ke dalam perut, maka tidak heran, jika mulut terkadang bau harum atau ma;lah sebaliknya.

Mulut yang tidak kemasukan makanan selama beberapa jam, maka bau mulut akan berubah, seperti yang terjadi pada orang yang berpuasa.


Penyebab Bau Mulut Saat Puasa


Salah satu penyebab utama bau mulut adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga. Jika tidak menjaga kesehatan mulut seperti menyikat gigi dua kali sehari, maka mulut akan mengerluarkan bau. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami


Orang islam yang sedang melakukan puasa di siang hari, pastinya merasa canggung untuk berdiskusi atau ngobrol dengan lawan bicaranya, penyebabnya hanya satu yakni bau mulut tidak segar karena melakukan ibadah puasa.


Dengan kondisi seperti ini, terkadang seseorang cenderung membatasi ruang gerak, agar orang lain tidak mencium bau mulut yang mulai berubah.


Nah, bagaimana untuk mengatasi bau mulut yang berubah saat melakukan ibadah puasa:

Mulailah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ketika selesai sahur, setelah berkumur sebelum matahari tergelincir ke barat, kira-kira pukul 11:00, ini di maksudkan agar bau mulut tetap segar.
.

Minum  air putih yang banyak: saat sahur, agar bau mulut tetap segar, serta cairan dalam tubuh tetap stabil.

Jangan terlalu makan makanan yang bercampur dengan kuah santan, makanan berminyak atau makanan yang mengandung bawang.

Bau Mulut Orang Puasa Lebih Harum Dari Minyak


Di dalam hadits Nabi Muhammad Saw, menjelaskan bahwa, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Swt di bandingkan harumnya minyak misyik.


Baca Juga: Penyebab Bau Mulut Busuk


Kenapa bau mulut orang puasa lebih di sukai oleh Allah Swt, karena, di sebabkan oleh  bau mulut yang muncul karena  ibadah dan taat kepada Allah. setiap sesuatu yang niatnya ibadah kepada Allah Swt pasti Allah Swt menyukai (meridlo'i)


Makanan Pencegah Bau Mulut Saat Puasa


Makanan juga bisa menghilangkan bau mulut saat puasa, inilah yang sering di konsumsi oleh orang-orang  saat sahur.

Bukan karena rasa yang di inginkan, tetapi, agar bau mulut saat puasa tidak berubah, berikut ini rekomendasi agar bau mulut tidak berubah saat berpuasa.

Air Mineral

Buah Apel

Teh Hijau

Makanan yang mengandung vitamin C

Keju 

Jahe 

Susu

Makanan Penyebab Bau Mulut


Selain makanan yang bisa mencegah bau mulut, ada juga makanan yang menyebabkan bau mulut berubah, maka dari itu seseorang harus menghindari makanan berikut ini, agar bau mulut saat berpuasa tidak berubah.


Baca Juga: Penyebab Bau Mulut Pada Anak Dan Cara Mengatasinya


Berikut ini  Makanan Penyebab Bau Mulut:

Permen

Telur

Junk food

Daging merah

Bawang putih

Kopi

Alkohol


Demikian lah salah satu makanan yang dapat menyebabkan mulut bau saat melakukan ibadah puasa. untuk itu saat sahur hendaknya mengjndari makanan yang meyebabkan mulut bau.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan seputar Penyebab Bau Mulut Saat Puasa semoga bisa memberi kemanfaatan kepada sahabat semua.





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon