Sunday, 18 August 2019

Macam Macam Sujud Dalam Islam

Macam Macam Sujud Dalam Islam. Sujud merupakan suatu perbuatan yang menempatkan dahi, hidung dan kedua telapak tangan ke lantai di sertai pantat di tegakkan ke atas pada kondisi serentak di lantai dengan tujuan tertentu karena Allah pada waktu dan saat-saat tertentu.


Sujut termasuk salah satu pengabdian, penghormatan atau menyerahkan diri terhadap penguasa, disini penguasa yang di maksud adalah Allah Swt, sebab, sujud itu hanya ada di dalam agama islam saja.


Macam Macam Sujud Dalam Islam



Di dalam agama islam sujud itu ada banyak, di sampiong sujud di dalam sholat ada sujud di luar sholat.

Macam Macam Sujud Dan Doanya


Berikut ini macam-macam sujud


Sujud Sebagai Rukun Sholat


Sujud sebagai rukun sholat, seperti yang telah di jelaskan di dalam beberapa kitab kuning mengenai sujud. 

Sujud ini setiap rokaat sholat pasti melakukan sujud, cara melakukannya yakni meletakkan dahi kepala, hidung, telapak tangan bagian dalam ke lantai secara bersamaan.

Doa yang di baca ketika melakukan sujud yakni:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ


Doa di atas ini sunnah di baca 3 X ketika melakukan sujud,  namun paling sempurnanya bacaan doa ini melebihi 3 X, kalau membaca 1x atau 2x sujudnya tetap sah, namun, tidak mendapatkan pahala sunnah.

Macam Macam Sujud Dan Tata Caranya yang kedua adalah sujud Sahwi.

Sujud Sahwi


Sujud sahwi termasuk salah satu sujud yang di lakukan di dalam sholat, namun, sujud ini di syariatkan ketika seseorang lupa rokaat sholat atau lupa tidak membaca qunur, maka seorang harus melakukan sujud sahwi.

Sujus sahwi berbeda bacaan dengan sujud yang lain, berikut ini bacaan sujud sahwi ketika lupa membaca qunut atau ragu rokaat sholat..

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو


Sujud sahwi di lakukan setelah membaca tasyahud ahir, lalu bersujud membaca doa di atas ini 3 kali, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud lagi dengan membaca doa di atas ini, kemudian duduk tasyahud lalu salam.



Sujud Sykur


Sujud ialah sujud yang di lakukan ketika seseorang mendapatkan ni'mat, kabar gembira atau selamat dari musibah.


Sujud sykur ini telah di lakukan oleh Nabi Muhammad Saw, maka sudah sepantas bagi umatnya ketika mendaparkan kenikmaran untuk melakukan sujud syukur, seperti yang telah di riwayatkan oleh Sayyidina Abu Bakae.


“Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah Swt”, (HR.Abu Dawud).


Syarat  Sujud Syukur


A. Harus suci dari hadats dan najis

B. Menutup aurat 

C. Menghadap qiblat


Cara Melakukan Sujud Syukur


Berniat melakukan sujud syukur 

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَ



Takbirotul ihrom, kemudian sujud dengan membaca tasbih




Kumpulan Soal Macam Macam Sujud. Sujud yang terahir adalah sujud tilawah, sujud tilawah ini di lakukan di luar sholat dan di laksanakan ketika seorang mendengar ayat sajadah.

Cara mengerjakan sujud tilawah ini sama dengan sujud di dalam sholat serta yang di baca juga seperti doa di dalam sujud yakni 

Doa Sujud Tilawah

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ


Fadilah Sujud Tilawah


Sujud Tilawah  memiliki beberapa fadlilah yang akan di dapat bagi yang mengerjakan, fadlilah ini bersumber dari hadits Nabi Muhammad Saw.

"Ketika  anak cucu Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.


Demikianlah artikel yang membahas masalh Macam Macam Sujud Dalam Islam semoga bisa melaksanakan dan bisa bermanfaat.

Baca Juga: 






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon