Wednesday, 14 August 2019

Doa Ziarah Kubur Versi Nu

Doa Ziarah Kubur Versi Nu. Ziarah kubur hukum asalnya adalah sunnah, hal ini di maksudkan agar orang yang berziarah menjadikan gambaran atau peringatan, bahwa suatu hari juga akan mengalami hal yang sama (Mati).

Tujuannya adalah untuk selalu mengingat kematian, dengan begitu kita akan selalu berbenah diri, selalu melaksanakan hal-hal yang positif dan tidak ceroboh dalam melakukan semua hal, baik berkaitan dengan manusia atau sama Tuhan.



Doa Ziarah Kubur Versi Nu


Ziarah kubur sudah di ajarkan oleh Sayyidah Aminah kepada  Rasulullah Saw sejak beliau masih kecil, waktu itu ibunda Rasulullah Saw mengajak Nabi Muhammad Saw berziarah ke makam ayahnya (Sayyid Abdullah) di Yastrib Madinah.

Rasulullah sepetinggal ibundanya, juga sering berziarah ke makam para paman dan ibunya, dengan etika yang benar saat berziarah di sertai dengan doa.

Cara Ziarah Kubur Nu

Sebelum duduk diatas makam hendaknya untuk mengucapkan salam kepada ahli kubur.




Setelah itu duduk menghadap ke arah timur, posisi di sebelah kepala mayit, seakan-akan berhadapan dengan mayit

Ketika mayit di bacakan talqin hendaknya yang membaca talqin duduk, sedangkan para jamaah sebaiknya berdiri, ini etika yang di ajarkan untuk orang islam.

Setelah duduk membaca al-qur'an (bisa berupa surat yasin) atau tahlil, kemudian memohon agar pahala bacaan tersebut di hadiahkan kepada mayit.

Jangan lupa untuk wasilahnya (Khususon) di hadiahkan kepada Nabi Muhammad Saw, syekh Abdul Qodir Al-Jilani, Guru-Guru,  Orang tua (Atau yang meninggal), tujuannya agar mudah di kabulkan dan di terima.


Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat


Ziarah kubur pada umumnya memberisihkan makam, menaburkan bunga dan air, lalu berdoa, terkadang doa yang di panjatkan untuk ahli kubur tidak terlalu panjang, hanya doa keselamatan di alam kubur bagi mayit.

Berikut ini beberapa doa untuk mayit singkat, akan tetapi sangat bermakna bagi mayit:


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُمَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَايَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَامُحَمّدٍ


اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ


اللهم لا تحرمنا اجره ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله


اللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت


اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ


رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ


رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار


Doa di atas ini merupakan salah satu doa ketika berziarah ke makam yang sering di baca oleh Ulama Nahdlatul Uluma' , kenapa di awal harus memuji Allah Swt dan di sertai dengan sholawat.

Berlandaskan hadits ketika doa tidak di sertakan Nama Nabi Muhammad Saw tertolak, maka dari itu dengan barakahnya Nama Nabi Muhammad Saw di penghujung doa, di harapakn doa yang di panjatkan di terima oleh Allah Swt.


Bacaan Doa Ziarah Kubur Nu sudah sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya. jadi jangan di ragukan doa di atas ini, yakin bahwa doa di atas ini pasti terkabul dengan catatan di serta dengan sholawat.


Demikianlah artikel tentang Doa Ziarah Kubur Versi Nu  semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga: 

Doa Sesudah Sholat Dhuha












Artikel Terkait


EmoticonEmoticon