Tuesday, 13 August 2019

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa Sesudah Sholat Dhuha. Sholat termasuk salah satu ibadah yang wajib di lakukan oleh umat manusia, selama orang tersebut akalnya masih sehat, sudah usia baligh dan islam.

Sholat di wajibkan atas umat Nabi Muhammad Saw, saat Nabi Muhammad Saw di Mi'rajkan oleh Allah Swt.

Di samping ada sholat fardlu yang di wajibkan, ada juga beberapa sholat sunnah yang di anjurkan kepada umat Nabi Muhammad Saw.


Baca Juga: Doa Setelah Sholat Witir Dan Sholat Tarawih


Doa Sesudah Sholat Dhuha



Salah satunya adalah sholat sunnah dluha, sholat sunnah dluha di kerjakan pada saat matahari terbit dan habis pada saat matahari sudah tergelincir.


Sholat sendiri secara bahasa adalah doa, jadi tidak mengherankan kalau setiap gerakan  sholat ada beberapa doa yang di baca, seperti contoh doa ketika ruku', i'tidal, sujud dan duduk di antara dua sujud.


Berikut ini kami berikan salah satu  Doa Sesudah Sholat Dhuha Tulisan Arab Dan Artinya yang sering di baca:


اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ 
وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

 اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ



 Artinya :

Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, 

apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.


Dzikir Setelah Sholat Dhuha


Dzikir dalam bahasa adalah menyebut atau mengingat sedangkan menurut istilah menyebut atau mengingat dzat yang maha kuasa, mengingat kebesaran dan keagungan beberapa ciptaan Allah Swt, sehingga efek dari kita mengingat atau menyebut dzat yang maha kuasa, hati dan fikiran menjadi fokus dan selalu melakukan hal-hal kebaikan.

Dzikir setelah sholat dluha termasuk salah satu media untuk mendekatkan diri kepada dzat yang maha kuasa.

Berdzikir setelah shalat dluha tidak jauh berbeda dengan dzikir setelah shalat fardlu, namun, ada hadits yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori  beliau mendapatkan hadits ini dari Sayyidah Aisyah:


صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم الضحى، ثم قال: اللهم اغفر لي، وتب علي، إنك أنت التواب الرحيم حتى قالها مائة مرة


Ketika Rasulullah melakukan sholat sunnah dluha, beliau membaca istighfar ini sebanyak 100 kali, dengan demikian ketika kita selesai melakukan solat sunnah dluha, dzikir yang lain seperti sholat fardlu yang lain, tetapi kita tambah dengan bacaan istigfar sebanyak 100 kali.

Doa Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah


Doa termasuk salah satu pengertian bahasa dalam sholat, baik di dalam sholat atau di luar sholat, Namun, di luar sholat banyak yang mengertikan dzikir.

Doa yang sunnah di baca ketika selesai sholat dluha, semua redaksi mengarah kepada doa  di atas tadi serta doa di bawah ini, ini yang sering di baca oleh Rasulullah Saw.

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ



artinya:

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.


Demikianlah artikel yang membahas masalah Doa Sesudah Sholat Dhuha semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga:

Pengertian Hukum Islam

KEAJAIBAN DAN MANFAAT PUASA NABI DAUD



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon