Wednesday, 28 August 2019

Niat Aqiqoh Dan Qurban Menjadi Satu

Aqiqoh Dan Qurban. Hari raya idul adha memang sudah selesai kita laksanakan, baik ritual ibadah sholat Ied atau menyembelih hewan qurban.

Qurban adalah melakukan penyembelihan terhadap hewan ternak, seperti kambing, sapi atau unta, yang di lakukan setelah melakukan sholat Ied pada bulan ke-10 bulan dzulhijjah.


Niat Aqiqoh Dan Qurban Menjadi Satu


Sedangkan Aqiqah adalah melakukan penyembelihan hewan berupa kambing yang di lakukan sebagai bentuk syukur  terhadap Allah SWT telah memberikan  bayi, penyembelihan di lakukan pada hari ke-7 dari kelahiran atau sebelum usia baligh, ketika melewati masa baligh, maka kewajiban aqiqah menjadi hak anak, bukan orang tua.

Qurban sejarah awalnya adalah pristiwa besar di dalam agama islam yakni Nabi Ibrahim dan Putranya Nabi Isma'il yang dengan sabarnya melakukan penyembelihan terhadap Nabi Ismail atas perintah Allah Swt.

Baca Juga:



Aqiqah juga memiliki sejarah sebelum islam datang, aqiqah ini sudah menjadi tradisi masa jahiliyah, namun, sangat berbeda dengan yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad Saw, ketika zaman jahiliyah jika salah satu di antara masyarakat memiliki anak, maka orang itu akan menyembelih kambing dan melumuri kepala bayi itu dengan darah kambing tersebut.

Nah, terlepas dari penjelasan di atas ini, Bagaimana hukumnya menyatukan qurban dan aqiqah dalam satu penyembelihan hewan ternak?

Di Dalam Kitab Qutul Habibil Qorib, menjelaskan boleh melakukan qurban di serta niat aqiqah, penjelasan ini pendapat Imam Ar-Ramli.

Sedangkan menurut Imam Ibn Hajar jika seseorang menginginkan satu kambing di niati qurban dan aqiqah tidak cukup (tidak boleh).

Tambahan penjelasan aqiqah 1 ekor kambing  di perbolehkan untuk beberapa anak, penjelasan Kitab Qutul Habibil Qorib Halaman 534


قال ابن حجر لو أراد بالشاة الواحدة الأضحية والعقيقة لم يكف خلافا للعلامة الرملى حيث قال ولو نوى بالشاة المذبوحة الأضحية والعقيقة حصلا


Demikianlah yang dapat kami bagikan semoga bisa bermanfaat.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon