Sunday, 7 July 2019

5 Pantangan Makanan Asam Urat Yang Harus Dihindari

5 Pantangan Makanan Asam Urat Yang Harus Dihindari


Penderita rematik tentu memiliki pantangan makanan asam urat yang jangan sampai dikonsumsi bila tidak ingin kambuh. Ada beberapa makanan yang memang pantang dikonsumsi oleh penderita asam urat.


Baca Juga:

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah
Faktor Utama Penyebab Badan Panas Dingin


Selain menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, sebaiknya menghindari pantangan makanan yang dilarang. Berikut ada beberapa pantangan makanan asam urat yang perlu dihindari.

1. Bayam


Sayuran hijau memang baik untuk kesehatan termasuk juga bayam. Namun bayam merupakan jenis sayuran yang tidak baik dimakan bagi penderita asam urat. 

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Bayam memiliki kandungan purin yang cukup tinggi jadi sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Akan tetapi mengkonsumsi bayam sesekali tidak masalah.

2. Kedelai Atau Kacang-Kacangan


Makanan yang terbuat dari kedelai atau kacang-kacangan sangat dilarang untuk penderita asam urat. Sebab penderita asam urat tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang difermentasi. 

Hal ini bertujuan agar tidak memicu asam urat kambuh, jadi sebaiknya hindari makanan seperti tahu, tempe, dan lainnya yang mengandung kacang.

3. Durian


Si raja buah yang satu ini juga merupakan pantangan makanan asam urat yang perlu dihindari. Daging buah durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam urat. 

Ada juga beberapa kandungan lain seperti zat sulfur dan ethanol yang tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat asam urat.

4. Makanan Tinggi Purin


Selain bayam, ada beberapa jenis makanan lain yang mengandung purin tinggi sehingga tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, daging sapi, ikan, seafood, asparagus, makanan yang mengandung lemak atau santan, dan juga nangka sangat dilarang.


Baca Juga: 5 Jenis Makanan Yang Aman Untuk Asam Lambung


Beberapa jenis makanan tersebut setidaknya mengandung purin sebanyak 150-500 miligram . Jika mengkonsumsi makanan tinggi purin tentu asam urat akan kambuh.

5. Es Krim


Penderita asam urat juga tidak disarankan mengkonsumsi es krim. Hal ini dikarenakan es krim berbahan dasar susu yang mengandung lemak cukup tinggi. Jadi pantangan makanan asam urat yang satu ini juga harus dihindari, agar asam urat tidak mudah kambuh.

Itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Selalu perhatikan asupan makanan agar asam urat tidak mudah kambuh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon