Saturday, 6 July 2019

5 Jenis Makanan Yang Aman Untuk Asam Lambung Dan Baik Jika Dikonsumsi

5 Jenis Makanan Yang Aman Untuk Asam Lambung Dan Baik Jika Dikonsumsi



Ada beberapa jenis makanan yang aman untuk asam lambung serta aman baik bila dikonsumsi secara rutin. Penderita asam lambung, memang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan.


Baca Juga: Faktor Utama Penyebab Badan Panas Dingin


Jika salah mengkonsumsi makanan , maka asam lambung bisa naik dan perut akan terasa sangat nyeri. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

1. Pisang


Buah pisang merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pisang memiliki kandungan zat asam yang rendah jadi aman untuk dikonsumsi. Selain itu pisang juga memiliki pH sekitar 5,6 persen jadi sangat amat aman untuk dikonsumsi.

2. Oatmeal


Bagi penderita asam lambung mengkonsumsi oatmeal tentu sangat aman. Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kandungan serat ini berasal dari gandum utuh. 

Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh para penderita asam lambung. Selain itu serat yang terkandung pada oatmeal juga bisa meringankan gejala refluks yang terjadi pada lambung.

3. Plain Yogurt


Mengkonsumsi plain yogurt secara rutin juga aman bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan plain yogurt memiliki kandungan probiotik yang bisa meringankan asam lambung. 

Yogurt tawar juga memiliki banyak bakteri baik yang bisa mencegah bakteri jahat (bakteri Helicobacter Pylori) di dalam lambung. Meskipun plain yogurt memiliki rasa yang juga asam, tapi tetap aman dikonsumsi karena lebih rendah lemak.

4. Brokoli


Jenis sayuran hijau yang satu ini juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Dalam sayur brokoli memiliki kandungan yang sangat baik untuk asam lambung, seperti vitamin C, kalium, dan sulphoraphane. 

Kandungan sulfur tersebut terbukti mampu membunuh bakteri jahat yang mengakibatkan asam lambung mudah naik.

5. Jahe


Makanan yang aman untuk asam lambung selanjutnya adalah rempah-rempah berupa jahe. Rempah-rempah ini memberikan efek hangat pada tubuh termasuk lambung, sehingga aman dikonsumsi. Jahe juga memiliki kandungan anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat alami sehingga aman untuk lambung.


Baca Juga:

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah
Batasan Batasan Dalam Berziarah Kubur


Dengan mengkonsumsi beberapa makanan diatas maka asam lambung tidak akan mudah naik. Jadi makanan ini sangat baik dan juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Perhatikan juga pola makan agar asam lambung tidak mudah naik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon