Friday, 5 July 2019

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Aman untuk Dipraktikkan

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Aman untuk Dipraktikkan


Telinga merupakan salah satu panca indra yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Jika mengalami gangguan telinga, tentunya membuat segala aktivitas terganggu. 

Perbanyaklah mengetahui cara menjaga kesehatan telinga agar selalu bersih dan berfungsi optimal.


Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah


Area tubuh yang kerap kali terlewat bahkan sulit untuk dibersihkan adalah telinga. Tidak sedikit orang yang ingin membersihkannya, namun menyebabkan kotorannya terdorong ke dalam. 

Terlebih lagi dengan bertambahnya usia juga menyebabkan kemampuan mendengar menurun. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan telinga sejak dini.

Cara Merawat Telinga dan Pendengaran


Seluruh bagian telinga, baik dalam, tengah dan luar saling berkaitan sehingga dapat dapat mendengar dengan baik. Menjaga kesehatannya menjadi salah satu kewajiban agar dapat berfungi prima. Simak cara merawatnya, agar telinga selalu terjaga kesehatannya:

1.     Jangan Menggunakan Cotton Bud


Penggunaan cotton bud kini tidak lagi dianjurkan untuk membersihkan telinga. Hal ini karena penggunaannya sering kali membahayakan dengan mendorong kotoran telinga masuk ke dalam.

Cairan lilin yang terdapat dalam telinga inilah yang berfungsi untuk membersihkan telinga. Namun, jika memiiki cairan telinga yang berlebih, disarankan untuk ke dokter THT atau membersihkannya dengan handuk yang lembut.

2.     Hindari Suara yang Keras


Daya serap suara yang dimiliki telinga sangatlah terbatas. Oleh karena itu batasilah suara yang masuk ke dalam suara. Hindari suara keras yang langsung masuk ke telinga karena dapat kemampuan mendengar berkurang.


Baca Juga: Faktor Utama Penyebab Badan Panas Dingin


Gunakanlah pelindung telinga jika di lingkungan kerja sering menimbulkan suara keras. Apabila suka mendengarkan musik, aturlah volume yang aman terdengar bagi telinga dan berilah jeda agar telinga dapat beristirahat.

3.     Jangan Terlalu Sering Menggunakan Earphone


Menggunakan earphone jika terlalu sering dapat menyebabkan kesehatan telinga menjadi terganggu. Hal ini karena letak earphone yang berdekatan dengan gendang telinga.

Cara membatasinya, hindari penggunaan earphone lebih dari satu jam. Lakukan juga untuk membatasi volume pada pemutar musik agar tidak terlalu keras terdengar langsung di telinga.

4.     Jagalah Telinga Tetap Kering


Bakteri sangat mudah masuk jika telinga dalam keadaan basah sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi ini biasa terjadi pada bagian telinga luar sehingga bakteri terjebak di dalamnya.

Gunakanlah penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga jika melakukan aktivitas dalam air, seperti berenang. Bersihkan telinga sampai kering jika selesai berenang atau mandi untuk menjaga telinga untuk tetap kering.


Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mata Minus Dengan Mudah 


Itulah cara menjaga kesehatan telinga yang dapat dilakukan dengan aman. Lakukanlah cara tersebut untuk memastikan kinerja telinga masih dalam keadaan baik. 

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter THT untuk membersihkan kotoran telinga agar terhindari dari gangguan telinga yang serius.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon