Wednesday, 3 July 2019

Faktor Utama Penyebab Badan Panas Dingin yang Biasanya Terjadi

Faktor Utama Penyebab Badan Panas Dingin yang Biasanya Terjadi


Badan  tiba-tiba panas dan dingin atau dengan kata lain menggigil kerap kali terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat terjadi disertai ataupun tanpa demam. Sebaiknya mengetahui faktor penyebab badan panas dingin agar tidak berulang terjadi.

Menggigil merupakan respon alami di dalam tubuh yang biasanya terjadi pada bagian otot mengalami kontraksi secara berulang sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh. Kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa adanya masalah kesehatan yang terdapat di dalam tubuh.



Baca Juga: 



Kondisi tubuh yang menggigil tanpa demam, biasanya terjadi karena faktor cuaca yang dingin. Namun, jika tubuh mengigil yang disertai demam, bisa jadi tubuh sedang melawan virus ataupun bakteri yang sedang menyerang tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak faktor penyebab badan menfgigil berikut:

1.     Demam


Suhu tubuh normal pada orang dewasa berada pada 37.5 derajat celsius. Jika suhu tubuh melebihi angka tersebut berarti kondisi tubuh sedang mengalami demam. Demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan infeksi, adanya peradangan, ataupun mengalami alergi.

Saat demam, biasanya badan tidak hanya menfgigil namun disertai gejala lainnya. Gejala ini kemudian dapat disimpulkan untuk menandai penyakit tertentu. Jika ingin menurunkan demam, dapat mengompres lipatan tubuh dengan air hangat, perbanyak minum air, serta mengonsumsi obat penurun panas.

2.     Rendahnya Gula Darah


Kadar gula darah yang rendah atau dengan nama lain hipoglikemia bisa jadi salah satu faktor penyebab badan menfgigil. Hal ini lazim terjadi saat tidak adanya asupan dalam tubuh pada saat waktu yang lama serta jika tubuh tidak mampu mengolah gula darah dengan benar.

Biasanya pada kondisi hipoglikemia disertai dengan tubuh yang berkeringat, kaburnya penglihatan. Jantung berdetak lebih cepat, hingga kejang pada kasus yang gawat juga dapat terjadi pada kondisi ini.

3.     Hipotiroidisme


Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang semestinya. Penderita hipotiroidisme kerap kali merasakan badan panas dingin karena kondisi ini meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap suhu yang dingin.

Jika mengalami badan panas dingin namun disertai dengan gejala seperti wajah yang membengkak, otot yang nyeri ataupun kaku. Ditambah dengan kulit, kuku, dan rambut yang kering sampai sembelit bisa jadi tanda hipotiroidisme.




Faktor penyebab badan panas dingin bisa berbeda-beda tergantung gejala yang muncul. Disarankan untuk selalu cermat memperhatikan gejala lainnya yang muncul selagi mengalami badan panas dingin. 

Bisa jadi tubuh tidak hanya merespon cuaca yang dingin, tetapi tanda adanya penyakit yang lebih serius di dalam tubuh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon