Sunday, 14 July 2019

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Yang Mudah Dilakukan

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Yang Mudah Dilakukan


Organ reproduksi adalah organ vital yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu menjaga kebersihannya adalah hal yang sangat dianjurkan kepada setiap para pria dan wanita. 

Banyak hal yang terlihat sangat sepele namun dapat berakibat fatal pada kesehatan organ reproduksi. Menjaga kesehatan organ reproduksi harus selalu diajarkan kepada anak pada usia dini sekalipun agar setiap orang mampu menjaga kebersihan dan kesehatan organ vital tersebut.


Baca Juga:

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult, Ini Jawabannya
4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah 

Ada beberapa cara menjaga kesehatan organ reproduksi  yang mudah dilakukan dan dapat diajarkan kepada anak yaitu: 

1. Ganti Pakaian Dalam


Agar organ reproduksi terjaga dan sehat harus selalu mengganti pakaian dalam. Dalam sehari gantilah pakaian sebanyak 2 kali.

Jangan menggunakan pakaian dalam yang kotor dan sudah dipakai seharian. Cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang satu ini tentu sangat mudah dilakukan. Namun bagi anak tentu perlu dibiasakan sejak dini.

2. Membersihkan Alat Kelamin


Sebagaimana yang telah dianjurkan dalam kesehatan bahwa harus membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil, gunakan air untuk membersihkannya dan gunakan tisu yang lembut untuk mengeringkannya. Ajarkan anak untuk melakukan hal ini.

3. Mengganti Pembalut


Hal ini dapat diajarkan jika anak perempuan sudah remaja dan sudah mengalami menstruasi. Jika dalam keadaan sedang menstruasi, maka pembalut harus diganti setiap 5 jam sekali. 

Hal ini mencegah adanya bakteri yang akan mengakibatkan bau, dan menimbulkan penyakit berbahaya. Pembalut juga memiliki dampak jika digunakan dalam waktu yang lama tanpa melakukan pergantian dengan pembalut yang baru.

4. Gunakan Pakaian Dalam Yang Lembut


Jangan terlalu menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat karena menutup ruang pada bagian reproduksi. Sehingga menimbulkan kelembaban dan bau tak sedap. 

Hal ini juga akan mengakibatkan iritasi dan gatal serta ruam pada alat reproduksi dan area sekitarnya. Dan gunakanlah pakaian dalam yang dapat menyerap keringat serta pakailah handuk yang lembut. 

5. Melakukan Khitan Laki-Laki


Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit menular maka bagi laki-laki dianjurkan untuk melakukan khitan. Agar alat reproduksi tetap sehat dan berfungsi dapat mengurangi adanya resiko kanker pada alat reproduksi laki-laki.

Itulah beberapa informasi tentang cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang mudah serat dapat diajarkan dan dibiasakan kepada anak sejak dini. Tentunya cara diatas sangat bermanfaat untuk menjaga alat vital sehat dan bersih.

Baca Juga:

Kartu EMoney Mandiri Semakin Di Minati
Cara Cek Saldo mandiri e-money
CARA MELAKUKAN TRANSFER UANG DENGAN EMONEY MANDIRI

Selain itu, pastikan menggunakan handuk dan pakaian dalam sendiri. Hindari menggunakan pakaian dalam orang lain atau bertukar ganti. Hal itu akan mencegah adanya penyakit menular.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon