Monday, 8 April 2019

Amalan Tidur Rasulullah Saw, Pelebur Dosa Dan Mimpi Pasti Benar

Amalan Tidur Rasulullah Saw, Pelebur Dosa Dan Mimpi Pasti Benar
Tidur Ala Rasulullah


Di dalam kita Durrotun Nasihin di jelaskan bahwa ruh itu terbagi menjadi 2, yang pertama ruh royhan dan ruh tamyis.

Ruh royhan adalah ruh yang akan tercabut ketika ajal seseorang sudah tiba waaktunya, sedangkan untuk ruh tamyis ruh akan tercabut ketika seseorang itu tidur dan akan di kembalikan lagi ketika sudah waktunya bangun.

Tidur termasuk salah satu keadaan dimana seseorang akan di hilangkan akal dan kekuatan dalam waktu yang di tentukan.


Baca Juga:

13 Kebiasaan Nabi Saw Dalam Puasa 
6 Tidur Nabi Muhammad Yang Patut Di Teladani



Tidur termasuk  salah satu hal yang sangat penting bagi kesehatan makhkuk hidupnya, untuk mengawali aktifitas agar lebih fit dan prima.

Tidur banyak manfaatnya dan akan berpahala, so, jika memenuhi beberapa Tuntunan Tidur Yang Benar menurut syariat:

Adab Tidur Sesuai Sunnah yang tercantum di dalam kitab Kifayatul Atkiya' bahwa jangalah menginginkan untuk tidur, kalau memang tidak mengantuk dan tidurlah kalian jikalau dalam keadaan payah menahan kantuk.

Ketika sahabat merasa mengantuk yang sangat, tidurlah, tetapi janganlah lupa, ketika tidur  untuk berniat tidur yang ia lakukan semata-mata untuk menguatkan ibadah esok hari, niat untuk beristirahat.

Ketika ingin tidur sempatkan diri untuk bertobat kepada Allah Swt terhadap dosa-dosa yang telah di kerjakan di waktu siang dan malam menjelang tidur, baik sengaja atau karena lupa, meminta perlindungan kepada Allah Swt ketika tidur dan berniat melakukan kebaikan kepada umat manusia.

Setelah semuanya selesai di lakukan, maka berDoa Sebelum Tidur, berikut doa yang telah biasa di baca oleh ulama kita ada landasan yang termaktub di dalam beberapa hadits :

Berikut Doa Amalan Pelebur Dosa Sebelum Tidur


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

بإسمك ربي وضعت جنبي وبك أرفعه، إن أمسكت نفسي فارحمها، وإن أرسلتها فاحفظها بما تحفظ به عبادك الصالحين

اللهم وجهت وجهي إليك ، وألجأت ظهري إليك ، وفوضت أمري إليك ، وأسلمت نفسي إليك ، رهبة ورغبة إليك ، لا ملجأ ولا منجا منك إلا إليك ، آمنت بكتابك الذي أنزلت ، وبنبيك الذي أرسلت . فإن مات من ليلته ، غفر له

اللهم قني عذابك يوم تبعث عبادك

اللَّهُمَّ لا تُؤَمِّنَّا مَكْرَكَ ، وَلا تُنْسِنَا ذِكْرَكَ ، وَلا تَهْتِكْ عَنَّا سِتْرَكَ ، وَلا تَجْعَلْنَا مِنَ الْغَافِلِينَ ، اللَّهُمَّ ابْعَثْنَا فِي أَحَبِّ السَّاعَاتِ إِلَيْكَ ، حَتَّى نَذْكُرَكَ فَتَذْكُرَنَا ، وَنَسْأَلَكَ فَتُعْطِيَنَا ، وَنَدْعُوَكَ فَتَسْتَجِيبَ لَنَا ، وَنَسْتَغْفِرَكَ فَتَغْفِرَ لَنَا ، إِلا بَعَثَ اللَّهُ مَلَكًا فِي أَحَبِّ السَّاعَاتِ إِلَيْهِ فَيُوقِظُهُ ، فَإِنْ قَامَ وَإِلا صَعَدَ الْمَلَكُ فَيَعْبُدُ اللَّهَ فِي السَّمَاءِ ، ثُمَّ يَأْتِيهِ مَلَكٌ آخَرُ ، فَيُوقِظُهُ ، فَإِنْ قَامَ وَإِلا صَعَدَ الْمَلَكُ فَيَعْبُدُ اللَّهَ فِي السَّمَاءِ ، ثُمَّ يَأْتِيهِ 
مَلَكٌ آخَرُ ، فَيُوقِظُهُ ، فَإِنْ قَامَ فَدَعَا اسْتُجِيبَ لَهُ ، وَإِنْ لَمْ يَقُمْ كَتَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ ثَوَابَ أُولَئِكَ الْمَلائِكَةِ.


Doa di atas ini ketika di baca sebelum tidur, maka dosanya akan di terhapus, Subahanllah, selama ini kita menyia-nyiakan nikmat, membuang sia-sia sifat pemaafnya Allah Swt. Allah Swt maha penyayang yang telah menghamburkan sifat pengampunnnya terhadap hambanya yang memohon.


Hadits Tentang Amalan Sebelum Tidur, Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya yang hendak melakukan istirahat (tidur) untuk melakukan wudlu terlebih dahulu, setelah melakukan wudlu ada kesunnahan yang perlu di lakukan yakni membaca ayat Kursyi, Surat Al-Ikhlas, Surat al-Falk, surat An-nas dan terahir surat Al-Baqoroh.

Rasulullah Saw Bersabda yang di tulis di dalam kitab Kifayatul Atkiya' "Ketika seorang hamba tidur dalam keadaan memiliki wudlu dan sebelum tidur ia berdzikir, maka Allah Swt mencatat hamba tersebut mendapatkan pahala seperti orang sholat sampai ia terbangun.

lalu Malaikat akan masuk ke dalam jiwanya, jika hamba tersebut tidak mengingat Allah Swt, maka Allah Swt yang akan ingat kepadanya (Tetap mendapatkan barokah) dan malaikat tersebut akan memintakan ampunan untuknya.


Baca Juga:


10 Sifat Nabi Muhammad Saw
10 Amalan Masuk Surga Yang Tidak Di Ketahui Orang


Rasulullah Swt bersabda, " Ketika seorang hamba tidur dalam keadaan memiliki wudlu, maka ruh royhannya akan di angkat keatas Arsy, dan apa yang ia mimpikan pasti benar, jika seorang hamba tidur tidak mempunyai wudlu, maka jiwanya tidak akan sampai ke arsy (terbelenggu) dan apa yang ia mimpikan ngawur.

Keterangan lain yang di ambil dari putra pengarang nadzom Kifayatul atkiya' menjelaskan bahwa yang di maksud bersuci adalah bersusi anggota luarnya dari hawa nafsu dan cinta dunia,  bersuci anggota dalamnya (hati) dari hal-hal yang tidak terpuji seperti hasut, dengki, 

Nah, Amalan Pelebur Dosa Sebelum Tidur ketika seorang hamba tidak berprasangka (berniat) buruk terhadap sesama, seperti tidak menyakiti, tidak dengki atau hasut, maka dosanya kecil yang ia lakukan akan terhapus, Subhanallah..Kitab Kifayah Halaman 97.

Betapa dermawannya Allah Swt terhadap hambanya, namun, terkadang kitanya yang menyia-nyiakan kedermawannya, memang betul nimat itu tidak bisa kita hitung, Nah, tunggu sampai kapan kita mau menyia-nyiakan kesempatan ini, sedangkan ajal tidak ada yang tahu.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan seputar Amalan Tidur Rasulullah Saw, Pelebur Dosa Dan Mimpi Pasti Benar,  semoga artikel ini bisamemberikan kemanfaatan kepada seluruh umat islam khususnyasaya sendiri.

















Artikel Terkait


EmoticonEmoticon