Sunday, 14 April 2019

Rasulullah. Manusia Hebat Di Cintai Makhluk Seluruh Alam

Rasulullah. Manusia Hebat Di Cintai Makhluk Seluruh Alam



"Jika datang padamu suatu kabar tentang saudaramu yang tidak engkau senangi, maka sebisa mungkin carilah alasan agar kau memaafkannya. Jika tak ditemukan secara lahir, maka katakan dalam hati mungkin saja ia mempunyai alasan yang tidak aku ketahui."


Dari hadits di atas,kita dapat meneladani beberapa sifat terpuji dari seorang Rasulullah Muhammad SAW,di antaranya:

1.Pemaaf


      Mungkin benar jika sebagian orang menganggap memberi maaf lebih sulit dari pada meminta maaf,namun perlu diperhatikan jika kita sulit memberi maaf kepada orang lain maka dalam hati kita akan tersimpan banyak dendam pada orang lain dan kita akan sulit melupakan kesalahan orang lain.

Dalam hal ini kita dapat menjadikan teladan sifat pemaaf yang dimiliki Rasulullah SAW.

Dikishkan bahwa Rasulullah adalah seorang pemimpin yang pemaaf.Pada saat beliau berdakwah tentang ke-Esaan Allah,banyak di antara ummat beliau yang memusuhinya,salah satunya adalah Ka'b.
Ka'b adalah seorang penyair yang sering membuat sya'ir untuk menghina Nabi SAW dan para pengikutnya.


Baca Juga:

Amalan Tidur Rasulullah Saw, Pelebur Dosa
13 Kebiasaan Nabi Saw Dalam Puasa


Pada saat kaum muslimin berhasil menaklukkan kota Mekkah pada tahun 8 hijriyah,Ka'ab adalah salah satu musuh kaum muslimin yang melarikan diri. Saudaranya yang bernama Bujair menyarankan agar Ka'ab menemui Rasulullah. Bujair meyakinkan bahwa siapa saja yang datang kepada Rasul dan mengaku salah maka Rasul pasti akan memaafkannya.

Begitu Ka'ab datang kepada Rasul,beberapa sahabat Ansor langsung berdiri siap untuk menghajar Ka'ab,seperti biasa Rasul langsung mencegah dan mendengarkan Ka'b menyatakan penyesalannya,dan Rasul pun memaafkannya.Bahkan ketika Ka'ab membacakan puisinya "Banaat Su'aad",Rasul memberinya hadiah Burdah,semacam mantel dari kulit.

2. Selalu Berperasangka Baik


          Rasulullah senantiasa mengarahkan kita untuk selalu berperasangka baik(ber-husnuzhan) baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia,agar hati kita tetap menyatu.Tiga hari sebelum wafat,Rasul bersabda"Janganlah seseorang meninggal dunia,kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah SWT."(HR Muslim).

Karena itu pantaslah Allah berpesan dalam firman-Nya:
"Wahai orang-orang yang beriman,jauhilah sebagian dari prasangka,sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa,dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain."(QS Al-Hujurat.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga web IDwebinfo bisa memberikan kemanfaatan kepada kaum muslimin khususnya admin sendiri.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon