Media Informasi Terkini

Lengkap, 6 Tidur Nabi Muhammad Yang Patut Di Teladani


Tidur Ala Nabi. Tidur termasuk salah satu runititas yang selalu di lakukan oleh manusia atau hewan selama 24 jam, fungsi tidur sendiri yakni untuk mengistirahatkan badan atau pikiran.




Tidur di serupakan dengan mati, karena jasadnya tanpa ruh dan akan kembali, sedangkan mati hilnagnya ruh dan tidak akan kembali lagi ke jasad.

Dalam suatu kehidupan pasti akan merasakan yang namanya tidur, Nah, agar tidur kita bisa mendapatkan pahala dan akan merasakan nikmatnya tidur yang sebenarnya, maka tidak ada salahnya mencontoh tidur ala nabi Muhammad Saw.
'
Berikut Sunnah Tidur Nabi Muhammad Saw, yang perlu kita ketahui:

Berwudlu Sebelum Tidur


Tidur dalam keadaan suci, para Malaikat terus-menerus mendoakannya, doa yang di baca oleh Malaikat seperti berikut: Ya Rabb ampuni dosa si fulan, sebab ia tidur dalam keadaan suci.

Berwudlu'lah sebelum tidur, sebagaimana kalian semua berwudlu untuk mendirikan sholat, perintah di sini bukan wajib, melaikan sunnah, sebab Rasulullah Saw juga melakukan wudlu ketika ingin tidur.


Baca Juga: 10 Sifat Nabi Muhammad Saw 


Seperti dalam hadits ini, “Bahwa Rasulullah Saw, terbangun  di suatu malam, lalu beliau melaksanakan hajatnya, kemudian membasuh wajah dan kedua tangannya lalu tidur.” 

Mematikan Lampu


Di Dalam Kitab Riyadus As-sholihin di sebutkan bahwa ada perintah yang sifatnya sunnah yakni, "Matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi ada tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah yang sedang tidur,"

Hadits ini memerintahkan kepada penghuni rumah, ketika ingin tidur hendaknya mematikan lampu, tujuan hadits ini agar ketika penghuni rumah tidur, lampu-lampu tidak bisa membahayakan penghuni rumah tersebut, seperti halnya kebakaran, baik yang di akibatkan oleh lampu pada zaman dulu atau lampu seperti saat ini.

Membaca Doa


Doa termasuk senjatanya orang islam, dengan hadist ini kita selayaknya terus berdoa agar apa yang menjadi hajat kita bisa terpenuhi, mendapat ridlo dari Allah Swt dan selalu di lindungi dari musuh yang nyata.

Semua aktifitas manusia tidak lepas dari doa, seperti makan, bersisir, mau ke kamar mandi, bepergian, bahkan mau tidur ada doa yang sunnah di baca.

Nah, berikut Doa Tidur Nabi Muhammad:

Doa Ketika Mau Tidur:


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ


Doa  Ketika Bangun Dari tidur:


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ


Tubuh Miring Ke Kanan


Posisi tidur yang selalu di lakukan oleh Rasulullah Saw yakni tubuh menghadap ke arah kiblat, tidur itu bukan hanya untuk istirahat saja, melainkan untuk mencontoh tidur ala Rasulullah Saw dan terbukti tidur menghadap kiblat banyak manfaatnya, seperti yang di jelaskan oleh Ibn Sina.

Banyak pertanyaan yang selalu mengebu-negebu di fikiran, kenapa Rasulullah SAW, ketika tidur selalu menghadap arah kiblat atau kanan? '' alasannya tidur seperti itu  karena jantung berada disebelah kiri sehingga tidak tertekan,''


Baca Juga: 10 Amalan Masuk Surga 


Alasan yang kedua ketika kita tidur menghadap kiblat itu seperti halnya posisi meletakkan mayit ke liang lahad, artinya ketika kita tidur menghadap kiblat, kita bisa membayangkan bahwa posisi mati di liang lahat seperti itu, dengan begitu seseorang akan bertafakkur tentang kematian, serta akan rajib beribadah.

Tangan  Bantal


Rasulullah Saw ketika mau tidur pasti tangan kanan beliau di letakkan di bawah pipi sebagai bantal, untuk tangan bagian kiri di letakkan di atas pinggang, kenapa beliau menggunakan tangan sebagai bantal.

Untuk posisi kepala ketika tidur lebih di tinggikan dari badan serta bantal tidak terlalu keras, dengan begitu tangan lebih baik, karena tangan tidak terlalu keras dan ketika di gunakan sebagai bantal, posisi kepala lebih tinggi.

lalu bagaimana untuk bantal sekarang, apakah lebih baik, untuk bantal sekarang lebih baik dalam segi lembut dan tingginya, Namun, tidak mendapatkan kesunnahan.

Berdoa Saat Mimpi Buruk


Mimpi adalah bunga tidur, terkadang bunga tidur itu bisa menjadi nyata apa yang kita mimpikan, mimpi seseorang terkadang baik, terkadang juga buruk.

Kalau mimpi itu baik ia tidak akan merasa terganggu dengan mimpi yang buruk tersebut, malah ia akan merasa bahagia dengan mimpi yang kita dapatkan.

Namun, kalau mimpi itu buruk, terkadang kita merasa kuatir atau terganggu dengan mimpi buruk itu, takutnya mimpi buruk tersebut membayakan dirinya atau keluarga, oleh karena itu Nabi Muhammad Saw memberikan tips khusus ketika mimpi buruk, berikut tipsnya:

Mimpi yang baik itu dari Allah. Sedangkan mimpi yang buruk itu dari setan. Jika salah seorang dari kalian bermimpi yang tidak ia sukai, maka hendaknya ia seakan-akan meludah ke arah kirinya tiga kali.

Kemudian membaca ta’awwudz sebanyak tiga kali. setelah itu hendaknya ia membalikkan tubuhnya ke sisi yang lain, insa allah tidak akan membahayakan dan jangan ceritakan kepada seorang pun mimpi tersebut”


Perlu di ketahui oleh umat islam, meskipun Nabi Muhammad Saw sebagai pemimpin umat, penutup para nabi dan rasul, Nabi Muhammad Saw lebih suka dengan kesederhanaan, ini terlihat dari Tempat Tidur Nabi muhammad.


Baca Juga: 3 Alasan Nabi Ibrohim Di Angkat Menjadi Kekasih Allah Swt


Tidur Siang Nabi muhammad, Rasulullah Saw memerintahkan kepada sahabatnya untuk istirahat di waktur siang hari, alasannya syeithan tidak pernah istirahat di waktu siang, serta tidur siang bisa memudahkan untuk bangun beribadah kepada Allah Swt.


كَانَ عُمَرُ رضي الله عنه يَمُرُّ بِنَا نِصْفَ النَّهَارِ –أَوْ قَرِيْبًا مِنْهُ – فَيَقُوْلُ: قُوْم

Qoilullah adalah tidur sejenak (sekitar 15 sampai 20 menit) ketika siang hari, qoilullah ini manfaatnya, memudahkan bangun di malam hari untuk beribada.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga artikel ini bisa memberi kemanfaatan untuk kita semua serta menjadi inspirasi menuju kebaikan yang abadi. aminn

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Lengkap, 6 Tidur Nabi Muhammad Yang Patut Di Teladani "

Back To Top