Media Informasi Terkini

6 Tips Agar Puasa Tetap Fit Dan Segar Yang Penting Untuk Di Baca



Kajian Islam. umat muslim seluruh dunia sudah  menikmati bulan puasa, sama seperti bulan puasa yang telah lalu tidak ada perubahan sama sekali, mungkin hanya hari, tanggal dan tahun. 

Atau mungkin bulan puasa yang lalu sendirian, bulan puasa yang akan datang sudah ada pendampingnya atau ada yang sudah di tinggal keluarga dekat. meskipun dengan kondisi yang beragam kita tetap semangat, ikhlas menjalankan ibadah puasa tahun ini.


Baca Juga: Anjuran Rasul Untuk Meminum Susu. Ini Manfaat Yang Perlu Di Ketahui


Lalu bagaimana Tips agar puasa tetap fit Dan Segar ketika beraktifitas sehari-hari. Nah, sahabat tidak salah membaca artikel ini, sebab, di artikel ini akan membahas tips agar puasa tetap fits dan segar, sesuai pengalaman penulis.

Meskipun bulan puasa aktifitas kita tetap berlajut, Namun, biasanya akan di kurang jam kerja, agar pekerjaan tetap kondusisf dan tidak mempengaruhi puasa kita.

Nah, kalau kitaingin tetap ingin fit dan segar sepanjang hari ketika di bulan puasa, berikut tips yang perlu kita ketahui:

Niat


Niat merupakan suatu keinginan yang kuat untuk melakukan suatu ibadah, jadinya niat ini sangat penting bagi orang yang ingin melakukan ibadah puasa, yang pertama karna menjadi rukun puasa yang kedua sebagai dorongan agar puasa tetap fits sepanjang hari.

Contoh simpelnya Biasanya ketika seorang lupa makan setengah hari saja ia akan merasakan kepayaan, karena dari awal tidak ada niat, hanya saja ia lupa, beda halnya ketika dari awal ia ingin tidak makan, maka ia tidak akan merasakan kepayaan dalam waktu yang di tentukan.


Baca Juga: Kenali Gejala Awal Penyakit Stroke Dan Pengobatannya


Begitu juga niat, niat sendiri ini ada dua fungsi yang pertama untuk mengesahkan suatu ibadah yang kedua sebagai pendorong agar orang yang melakukan  ibadah yang ia lakuakntidak ada rasa pasah,

Perlu di catat ini pembahasannya niat dalam puasa saja tidak untuk semua ibadah.

Makan Sahur Secukupnya


Makan sahur merupakan suatu kesunnahan bagi orang yang ingin melakukan ibadah puasa, di sampig kesunnahan juga berfungsi untuk menjaga tubuh  Agar Puasa Tetap Fit Dan Segar sepanjang hari.

Ketika seseorang ingin puasa, maka di sunnahkan makan sahur sebelum terbit fajar, agar ketika puasa tetap fits dan segar, serta di anjurkan makan sahurnya tidak terlalu berlebihan (secukupnya saja), sebab, ketika makan sahurnya berlebihan, maka tubuh akan mudah lemas dan mengantuk.


Hindari Makanan Yang Berminyak

Seseorang yang menunaikan ibadah puasa serta memiliki aktifitas yang padat maka di anjurkan untuk menghindari makanan yang berminyak ketika berbuka atau sahur, alasan larangan ini agar tidak muda haus dan lelah. Kalau seorang mengalami haus dan lelah, maka untuk menjalankan ibadah sunnah akan malas

Beraktifitas Semampunya


Sudah menjadi kebiasan saat menjelang puasa, baik aktifitas di perkantoran, sekolah atau aktifitas pribadi akan di kurangi aktifitas di banding aktifitas di luar puasa.

Ini di maksudkan agar tubuh tetap fit dan sehat ketika menjalankan ibadah puasa serta memiliki waktu tambahan untuk beribadah kepada Allah Swt.

Tidur Secukupnya

Kita pasti tahu semua amal yang di kerjakan pada saat berpuasa pasti ada pahala, contoh kecilnya tidur, tidur menurut kita adalah hal yang lumrah yang tidak ada pahalanya, namun, kalau puasa tidur akan berpahala.

Terkadang seseorang yang malas untuk bekerja dan beraktifitas, biasanya lebih memperbanyak waktu tidurnya, dengan berbagai alasan, Nah alasan yang paling banyak yakni agar siangnya lebih fress, padahal yang kita tahu seseorang yang banyak tidur, tubuh akan mudah lemas dan ngantuk.

Maka dari itu untuk menjaga tubuh agar tetap fit yang bisa mempermudah melakukan ibadah puasa yakni dengan tidur yang cukup

Olahraga Ringan Di Pagi Hari

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang wajib di lakukan, baik ketika menjalankan puasa atau tidak, sebab, ketika tubuh bergerak maka di pastikan tubuh akan segar, sehat dan fit, sebaliknya kalau tubuh di buat malas-malasan, maka tubuh akan lemas, layu dan mudah sakit.


Baca Juga: Keindahan Gladak Perak Lumajang menyimpan Sejuta Misteri


Olaharaga yang alami dan banyak manfaatnya yakni lari atau bersepeda pada pagi hari, kenapa pagi hari, sebab, pada pagi hari udara sejuk dan oksigen yang di keluarkan oleh tumbuh-tumbuhan banyak manfaatnya bagi tubuh, serta menghirup udara pagi awal dari aktifitas kita.

Semoga dengan artikel ini memberi kemanfaatn bagi yang menjalankan ibadah puasa, baik puasa wajib atau puasa sunnah. aminnn












Tag : Islam
0 Komentar untuk "6 Tips Agar Puasa Tetap Fit Dan Segar Yang Penting Untuk Di Baca"

Back To Top