Media Informasi Terkini

6 Dalil Tentang Kesunnahan Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a



MutiaraHasan. Sahabat mutiara hasan yang admin muliakan, kini web baru sudah hadir di tengah-tengah sahabat dengan wajah yang berbeda, dulu sebelum puasa web ini beralamat MURSYID HASAN, kini web ini beralamat MUTIARA HASAN, semoga dengan wajah baru ini menambah semangat untuk terus memberikan informasi terbaru.

Pada kesempatan ini web mutiara hasan akan membagikan 6 Dalil Tentang Kesunnahan Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a, agar ketika berdoa semakit mantap, sebab, mengangkat tangan saat berdo'a merupakan salah satu ibadah yang di anjurkan..




Berdo'a merupakan salah satu cara untuk meminta sesuatu kepada Allah Swt, Nah, berdoa sudah ada tata cara yang sudah di contohkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Berdoa sendiri memiliki beberapa syarat yang harus di penuhi agar doa yang kita panjatkan bisa di kabulkan oleh Allah Swt, seperti harus memakan makanan yang halal, orang islam, dalam keadaan bersih baik badan dan tempat.

Berdoa bisa cepat di kabulkan dengan beberapa kriteria yangb pertama tempatnya memang  yang istijabah seperti di makkah dan musdzalifah, waktunya yang istijabah seperti setelah adzan, sepertiga malam dan ketika khotib duduk di antara dua sujud.

Nah, berikut 6 Dalil Tentang Kesunnahan Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a, semoga bermanfaat untuk sahabat Mutiara Hasan.

1. Dari Salman, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kamu yang Maha Mulia dan Agung adalah Maha Hidup dan Maha Pemberi, Ia malu kepada hamba-Nya jika hamba itu mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu ia tolak kedua tangan itu dalam keadaan kosong”.

2. Pendapat Imam Ibn Taimiyah, "Adapun mengangkat kedua tangan ketika berdoa, maka banyak hadits shahih tentang itu". 




3. Kemudian Rasulullah Saw menyebutkan seorang laki-laki dalam perjalanan panjang, rambutnya kusut dan berdebu, ia menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya menyeru, “Ya Rabb, ya Rabb”. Tapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan diberi makanan haram, apakah mungkin doanya dikabulkan?! (HR. Muslim).

4. Dari Umar ra., ia berkata, “Apabila Rasulullah Saw menengadahkan kedua tangannya ketika berdoa, beliau tidak menurunkannya hingga mengusapkan kedua tangannya ke wajahnya”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi.

5. Umar bin al-Khaththab berkata, “Ketika perang Badar, Rasulullah Saw melihat kepada orang-orang musyrik, jumlah mereka seribu orang, sedangkan shahabat berjumlah tiga ratus Sembilan belas orang. Rasulullah Saw menghadap kiblat, kemudian menengadahkan kedua tangannya, ia berbisik menyeru Tuhannya, ‘Ya Allah, tunaikanlah janji-Mu kepadaku. Ya Allah, datangkanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku. Ya Allah, jika golongan dari kaum muslimin ini binasa, Engkau tidak disembah di bumi’. Rasulullah Saw terus berbisik kepada Tuhannya dengan menengadahkan kedua  tangan menghadap kiblat, hingga selendangnya terjatuh dari kedua bahunya. Lalu Abu Bakar datang mengambil selendang itu dan meletakkannya kembali ke bahu Rasulullah Saw dan terus mengikuti Rasulullah Saw di belakang. Abu Bakar berkata, “Wahai nabi utusan Allah, cukuplah permohonanmu kepada Tuhanmu, sesungguhnya Ia akan menunaikan janji-Nya kepadamu”. Maka Allah menurunkan ayat:  “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. (Qs. Al-Anfal [8]: 9). (Hadits riwayat Imam Muslim).




Demikianlah 6 Dalil Tentang Kesunnahan Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a, semoga memberi kemanfaatan bagi sahabat semua dan jangan malas untuk berdoa, sebab, Allah Swt telah memerintahkan kepada hambanya untuk berdoa kepadanya.

Jika kita berdoa kepada Allah Swt maka pasti Allah Swt akan mengabulkan, Tapi, dengan syarat-syarat yang sudah di sebutkan. semoga bermanfaat. aminn..






Tag : Islam
0 Komentar untuk "6 Dalil Tentang Kesunnahan Mengangkat Tangan Ketika Berdo'a"

Back To Top