Media Informasi Terkini

Anjuran. Membaca Doa Dan Shalawat Ketika Keluar Dari Majlis Perkumpulan



MutiaraHasan. Dalam ayat al-qur'an di jelaskan bahwa Islam itu bersaudara, dari penjelasan ini semua yang beragama islam harus saling menasehati, sebab, nasihat salah satu ujung tombak untuk menacapai sesuatu yang di inginkan yakni berbuat baik.

Sebagai seorang muslim yang bersaudara, maka sangat di anjurkan untuk bersilaturrahmi, bersilaturrahmi banyak macamnya seperti menghadiri majilis ilmu, majlis Musyawarah atau mentangi langusng ke rumahnya dengan niatan bersiltaurrahmi dan menyambung tali silaturrahmi.


Ketika sebagai seorang  muslim yang menghadiri suatu majlis, baik majlis ilmu, majlis musyawarah dan majlis lain,  dengan niatan bersilaturrahmi, membahas progam atau mencaroi solusi terkait permasalan yang terjadi, maka kondisi di suatu majlis tidak akan lepas dari namanya permasalahan yang terjadi, seperti mengunjing, bergurau terlalu berlebihan, sehingga saudaranya merasa tersinggung.


Baca Juga: 3 Alasan Nabi Ibrohim Di Angkat Menjadi Kekasih Allah Swt


Jadi yang awalnya majlis untuk bersilaturrahmi dengan berbagai bentuk acara, malah ketika pulang mendapatkan dosa akibat kelalaian di dalam majlis tersebut, Nah, agar semuanya itu tidak terjadi, Rasulullah Saw menganjurkan membaca doa dan Shalawat sebelum pulang dari majlis tersebut.

Berikut doa dan shalawat yang di ajarkan Nabi Muhammad Saw ketika hendak meninggalkan majlis, semoga memberi kemanfaatan bagi kaum muslimin.

Do'a Ketika Meninggalkan Majlis


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya:

“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”.

Doa ini di anjurkan di baca bersama para Hadirin kaum muslimin yang menghadiri Majlisul Ilmu, majlis musyawarah dan berbagai majlis yang lainnya, ini di baca dengan niatan ketika keluar dari majlis kita dalam keadaan bersih.




Alasan kenapa Nabi Muhammad saw menganjurkan untuk membaca doa ini ketika hendak meninggalkan perkumpulan kaum muslimin, alasan ini di dasari dengan potongan hadist  hadits Nabi Muhammad saw.


فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا مَضَى. قَالَ « كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِى الْمَجْلِسِ ».

Ketika itu nabi Muhammad saw membaca doa majlis, lalu ada sebagian sahabatnya mendengar Nabi Muhammad Saw, lalu bertanya, "Ya Rasulullah Saw Doa apa yang ajunan baca, yang tidak pernah beliau baca sebelumnya, lalu Nabi Bersabda, Itu Doa Kaffaratul Majlis sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis.” (HR. Abu Daud, no. 4857;  Ahmad, 4: 425. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Bershalawat  Saat Meninggalkan Majlis


Selain membaca doa kaffaratul majlis, orang islam juga di anjurkan membaca shalawat nabi ketika berkumpul di suatu majlis perkumpulan, baik membahas masalah ukhrawi atau duniawi.

Namun, umumnya masyarakat pedesaan atau perkotaan membaca shalawat di ahir majlis, biasanya para jamaah langsung bergegas meninggalkan majlis tersebut, Tapi, tidak mengapa kalau perkumpulan tersebut untuk mendoakan mayit, pasti di salah satu bacaan ada bacaan shalawat, Nah, untuk perkumpulan yang membahas duniawi jarang terjadi, oleh sebab itu di anjurkan membaca shalawat di ahir majlis.

Kenapa harus membaca shalawat ketika menghadiri suatu perkumpulan?

Alasan yang paling dominan yakni agar di suatu perkumpulan itu tidak merugi dalam artian agar kaum muslimin yang menghadiri perkumpulan tersebut mendapatkan curahan rahmat yang sangat besar dari Allah Swt.

Alasan kedua terkait alasan membaca shalawat di suatu majlis bersumber dari  Hadist Nabi Muhammad Saw:


مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا لَمْ يَذْكُرُوا اللَّهَ فِيهِ، وَلَمْ يُصَلُّوا عَلَى نَبِيِّهِمْ، إِلَّا كَانَ عَلَيْهِمْ تِرَةً، فَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُمْ وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُمْ


“Jika ada sekelompok kaum yang duduk bersama dan tidak mengingat Allah serta tidak memberi shalawat kepada nabi mereka maka itu akan menjadi bahan penyesalan baginya. Jika Allah berkehendak, Allah akan menghukum mereka, dan jika Allah berkehendak, Dia akan mengampuni mereka.”

Lalu ada Imam Al-Jauzy berpendapat, "bahwa jika ada salah satu di antara mereka tidak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw ketika menghadiri suatu majlis sampai ia kembali ke rumah-rumah mereka, maka ia maka bau busuknya tidak ada bedanya dengan bangkai.




Sebaliknya jika di suatu majlis di bacakan shalawat kenapa Nabi Muhammad Sampai kembali ke rumah mereka, maka baunya lebih wangi dari pada penjual minyak wangi.

Lalu para Malaikat yang mencium bau wangi-wangian yang di sebabkan bacaan shalawat di suatu majlis maka ampunan yang selalu di panjatkan oleh Malaikat dan seluruh makhluk, Subhanallah.


Dalil tentang anjuran membaca shalawat kenapa Nabi Muhammad Saw:

Dari Utsman bin Umar, beliau mengatakan,

سمعت سفيان بن سعيد ما لا احصي إذا اراد القيام يقول صلى الله وملائكته على محمد وعلى انبياء الله وملائكته


Aku mendengar Sufyan bin Said berkali-kali sampai tidak bisa kuhitung, setiap beliau hendak meninggalkan majlis, beliau membaca: “Semoga shalawat Allah dan para malaikatnya tercurah untuk Muhammad dan kepada para nabi Allah dan malaikatnya.”

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga artikel ini memberi kemanfaatan bagi kaum muslimin, serta dapat mengamalkan artikel yang ada di depan kita ini. aminn








Tag : Islam
0 Komentar untuk "Anjuran. Membaca Doa Dan Shalawat Ketika Keluar Dari Majlis Perkumpulan"

Back To Top